Entri Populer

ok

Thursday, November 13, 2014

Sejarah HIC

Sejarah dan Asal Mula HIC

Pada era di mana globalisasi semakin terasa, kebutuhan manusia akan informasipun semakin meningkat. Kebutuhan ini diikuti dengan menjamurnya berbagai lembaga pendidikan di bidang informatika. Sebagai konsekuensinya, persaingan tidak dapat dihindarkan lagi.
                
Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bergerak di bidang informatika, Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) tentu berusaha mempertahankan eksistensinya. Salah satu caranya dengan melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Hal ini dapat terwujud apabila kualitas pendidikan terus ditingkatkan.

                
Pendidikan yang diberikan di STIKI ditekankan pada peningkatan kemampuan analisa dan kemampuan pembuatan software komputer.. Padahal selain dituntut kedua kemampuan itu, orang informatika yang ingin menjadi pemenang dalam persaingan harus memiliki berbagai kemampuan tambahan. Salah satunya, yang masih berkaitan dengan dunia informatika adalah kemampuan di bidang hardware komputer. Artinya, seorang mahasiswa bidang informatika harus mengenal hardware komputer, mampu merakit komputer, mampu mengatasi berbagai masalah seputar hardware tersebut, dan sebagainya.


Perubahan Nama

Mengingat STIKI belum menyediakan mata kuliah khusus yang mempelajari hardware komputer, maka perlu diadakan pendidikan khusus yang bersifat ekstra. Bedasarkan pada pernyataan inilah sekelompok mahasiswa STIKI mendirikan organisasi intern yang menekuni bidang hardware komputer.  Organisasi tersebut dikenal dengan nama Hardware Intensive Course (HIC).
                
Hardware Intensive Course ? Yah.. itulah kepanjangan dari HIC sebelum diganti dengan yang sekarang. Terkesan lembaga kursusan yang komersil – demikianlah kesan/ imej yang kami terima dari sebagian mahasiswa. Sehingga hal ini pun memaksa kami untuk melakukan perubahan nama (sorry !!! buat mbak/mas pendiri HIC). Setelah melalui proses yang panjang dan perdebatan yang cukup alot, akhirnya terpilihlah nama Hardware Interactive Club sebagai nama resmi UKM ini.
           
HIC didirikan pada tahun 1996 oleh Imelda dan Hartawan. Pembina HIC saat itu sampai dengan Desember 2002 adalah Kadwi Sudharsono S.Kom. Sekarang pembina HIC adalah Subari, S.Kom

0 comments:

Welcome to our Blogspot, thanks for coming

About Me